Curhat

Ternyata kehilangan untuk selamanya itu menyakitkan, masih dalam fase yang percaya dan nggak percaya harus kehilangan Bapak secepat ini. Pengen cerita banyak hal, tapi bibir ini masih kelu, jari ini masih enggan untuk bercerita, dan hati ini masih tersayat sembilu. Suatu saat nanti aku akan cerita tentang rasa kehilangan ini. 

Kalau diberi kesempatan, aku ingin mengulang beberapa bulan sebelum kepulangan beliau, memberi perhatian intens kepada beliau, dan meminta maaf kepada beliau, serta mengulang dua hari bersama beliau sebelum berangkat ke Medan. 

Sebegitu cepatnya beliau dipanggil menghadap Sang Ilahi, sebegitu belum siapnya kami (anak-anak beliau) menerima kabar tersebut. Walaupun kami tau sebenarnya itu yang terbaik buat beliau, agar beliau nggak perlu merasakan sakit.

Tapi, bahkan aku belum menikah, belum meperkenalkan beliau dengan calon imam aku dan anak-anak aku. Salah satu hal yang menjadi kesedihan aku. Aku belum memperkenalkan Bapak dengan calon imam yang nantinya akan menikahiku, bahkan belum ada calon sama sekali, setelah kandas dari jalinan kasih sekian tahun itu. Impian aku adalah dinikahkan oleh beliau dengan menggunakan Bahasa Arab, tapi itu akan menjadi suatu impian yang tidak akan pernah terwujud, beliau sudah berpulang. Sesak dada ini. 

Belum memberikan kesempatan beliau untuk merasakan memiliki cucu, beliau sudah berpulang. Nanti anak-anak aku nggak merasakan Eyang dari pihak ibunya? Sedih rasanya.

Dari kehilangan ini, aku belajar untuk ikhlas, memasrahkan semua kepada Allah, walau penyesalan masih melekat. Pengorbanan Beliau dalam satu tahun terakhir ini. Seandainya saja.

Aku pasrah Ya Allah kepada-Mu, segalan jalan hidupku, aku pasrahkan pada-Mu. Bahkan tentang sesuatu yg sering aku risaukan, jodoh. Aku pasrahkan pada-Mu. Engkau Yang Maha Mengerti.

Pertemukan aku dengan orang yang baik dan memenuhi syarat dengan cara yang baik juga, yang penuh dengan keberkahan. Aku akan berdoa kepada-Mu selalu, aku akan mengadu segalanya kepada-Mu, tentang beliau dan hidup aku.

Comments

Popular Posts